Coretan Ibon

Belajar Hidup dari Setang Motor

KAMU pasti tau kan apa itu setang motor? Ya posisinya ada paling depan untuk mengendalikan ke arah mana si motor mau jalan.

Lalu, kamu pasti tau kan “rasa” setang motor kalau nusuk perut ketika nggak bisa ngendaliin motor saat sedang di parkiran bersenggolan dengan motor orang? Ya seeul (mual) rasanya. Kadang kepala ikut berkunang.

Hmmmmmm, yang jelas saya nggak sedang akan bahas poin setang yang nusuk ke perut. Yang saya akan urai yaitu makna atau filosofis setang dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jika dianalogikan motor sebagai manusia, setang adalah kepala, fisik atau badan sentral yang disetir oleh sang jiwa atau mesin motor. Lalu, sisanya, seperti body, asesoris, dan yang lainnya adalah fisik selain kepala, yakni kaki, tangan, bokong, dan lain-lain.

Lalu apa maksudnya? Jadi kalau mau hidup terarah maka harus dipelihara setang atau fisiknya agar saat mengemudikan nggak tersesatkan.

Secara hukum ideal menjadi manusia, yang utama harus dijaga memang sang jiwa. Sekuat tenaga kita harus berusaha bagaimana caranya jiwa bisa atau selalu suci. Namun, jika sang seluruh badan yang disinggahinya nggak sehat, jiwa pun nggak akan jalan dengan sempurna.

Maka kesimpulannya, badan harus terus dijaga agar kerja jiwa bisa sempurna. Istilah kerennya harus balance supaya enak dalam menjalankannya.

Kalau kita nggak nggak mampu menjaga fisik maka kita masuk kategori orang sombong. Istilah Sundanya mah gini, “Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci setang!” Bahasa Indonesianya, “Jangan dulu sombong kalau belum bisa balap motor dikunci setangnya.” Jadi selama level jiwa kita masih butuh fisik nggak usah terlalu sombong.

Penulis: Ibon

9 Comments

9 Comments

  1. ปั้มไลค์

    17 Juni 2020 at 10:04 am

    Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.

  3. Thanks so much for the blog post.

  4. เบอร์สวยมงคล

    17 Juni 2020 at 10:09 am

    I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

  5. SMS

    17 Juni 2020 at 10:10 am

    Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  6. ปั้มไลค์

    20 Juni 2020 at 1:33 pm

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  7. I really like and appreciate your blog post.

  8. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.

  9. เบอร์สวย

    20 Juni 2020 at 1:36 pm

    I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top